Selasa, 30 Juni 2015

Apa itu Becak?

Becak

sumber: jelajahsejarah.com

Becak (dari bahasa Hokkienbe chia "kereta kuda") adalah suatu modatransportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. 


Dilihat dari tenaga penggeraknya, becak dapat dibedakan atas:
  • Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda, dengan tenaga penggerak manusia, sebagai kemudi.
  • Becak bermotor atau becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motorsebagai penggerak.
Sementara dari bentuknya, di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
  • Becak dengan pengemudi berada di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
  • Becak dengan pengemudi berada di samping. Jenis ini biasanya ditemukan diSumatera.

Kedua-dua bentuk itu masing-masing memiliki jenis yang bertenaga penggerak manusia atau pun mesin.Helicak ("helikopter becak", becak bermotor berbentuk serupa helikopter) dan bentor dari wilayah timur, contohnya, bertenaga penggerak mesin di belakang. Bentor atau betor dari Sumatera, khususnya Sumatera bagian utara, bertenaga penggerak mesin di samping.
Jenis becak yang pengemudinya berada di depandiketahui ada di beberapa negara lain, sebagaimana dikembangkan di IndiaPakistandan Bangladesh. Pada model ini, sepeda atau sepeda motor digunakan sebagai tenaga penggerak dan diletakkan di muka penumpang; menggantikan tenaga manusia yang berjalan kaki menarik penumpang pada angkong. Di Jakarta, pada dasawarsa '70an masih ada mobet ("motor becak", dengan motor di depan) yang beroperasi di sekitar Cempaka Putih. Model ini kemudian diikuti oleh minicar dan juga bajaj, yang lebih manusiawi karena pengemudinya terlindung dari panas dan hujan.

(sumber: wikipedia.id)

sumber: news.fimadani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar